6+ Tempat Wisata di Toraja Yang Telah Mendunia

Sudah bukan rahasia lagi bahwa beberapa tempat wisata di toraja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan manca negara untuk datang ke indonesia. Bisa dibilang bahwa tana toraja merupakan salah satu situs warisan dunia…

Karena toraja menjadi salah satu tempat konservasi peradaban budaya proto melayu austronesia yang masih terawat hingga kini.

Sekarang, tana toraja masih dihuni oleh suku toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas.

Apa saja tempat wisata di toraja?

Nah, kali ini saya akan mengulas beberapa tempat wisata di toraja yang akan membuat anda terpesona akan budaya yang masih terjaga hingga kini.

#1. Museum Ne’ Gandeng

Museum Ne' Gandeng

Yang pertama ada museum Ne’ Gandeng…

Anda pasti tahu bahwa masyarakat toraja sangat menghormati leluhurnya. Oleh karena itu, tempat yang awalnya merupakan lokasi pelaksanaan prosesi pemakaman Ne’ Gandeng yang meninggal pada tanggal 3 Agustus 1994 ini dijadikan museum.

Jika anda pergi ke Museum Ne’ Gandeng, anda akan menemukan pondok permanen yang berbentuk rumah adat Toraja. Pondok ini dimasudkan sebagai tempat menginap bagi keluarga dan tamu yang datang melayat.

Alamat:
Desa Palangi, Kecamatan Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan.

#2. Pallawa

Pallawa

Selanjutnya, ada dapat menuju ke desa pallawa yang berada sekitar 12 km dari Kota Rantepao. Disini, anda akan menjumpai rumah adat toraja bernama tongkonan yang unik.

Biasanya, tongkonan pallawa didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat.

Alamat:
Pallawa, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

#3. Batu Tumonga

Batu Tumonga

Selanjutnya ada desa batu tumonga…

Banyak orang menjulukinya dengan nama “negeri di atas awan” karena lokasinya terletak di daerah sesean dengan ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Oh iya, dari sini anda dapat melihat keindahan alam dari Rantepao.

Alamat:
Batutumonga, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

#4. Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

Disini anda akan menemukan situs purbakala Bori Parinding (yaitu: kawasan kuburan batu) dan rante (yaitu: lapangan rumput yang khusus digunakan untuk upacara penguburan).

Selain itu, tempat ini juga dipenuhi oleh batu menhir atau batu berdiri. Batu yang didirikan ini bertujuan untuk menghormati pemuka adat atau keluarga bangsawan yang meninggal. Konon kabarnya, batuan menhir ini ada yang berusia hingga ratusan tahun.

Alamat:
Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

#5. Ranteallo

Tongkonan di Ranteallo

Disini anda akan menemukan rumah adat Toraja yang posisinya saling berhadap-hadapan.

Alamat:
Ranteallo, Kecamatan Tallunglipu, Torasa, Sulawesi Selatan.

#6. Kete Kesu

Kuburan Batu atau Liang di Lemo

Desa wisata yang satu ini jangan sampai anda lewatkan, lokasinya sekitar 4 kilometer di sebelah tenggara desa Rantepao. Di Kete Kesu anda akan menemukan peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Peti mati tradisional di Kete Kesu tidak hanya berbentuk seperti perahu, namun juga ada yang berbentuk kerbau dan babi dengan pahatan atau ukiran rapi.

Alamat:
Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Demikianlah beberapa tempat wisata di toraja yang namanya sudah terdengar di seluruh penjuru dunia, jangan lupa beritahu teman anda di social media dan semoga bisa menjadi referensi bagi anda.