14 Tempat Wisata di Magelang Paling Unik & Menarik

Jika anda mendengar tempat wisata di magelang, mungkin candi borobudur akan langsung terbayang di kepala anda…

…Hal ini wajar karena memang candi borobudur merupakan situs warisan dunia yang sangat bersejarah dan merupakan salah satu keajaiban di dunia.

Namun, tahukah anda bahwa ada banyak sekali tempat wisata di magelang selain candi borobudur yang menunggu untuk anda jelajahi?

Cari Tempat Wisata di Magelang?

Tengang saja, disini saya telah merangkumkan beberapa tempat wisata di magelang yang mungkin belum anda ketahui, mulai dari tempat bersejarah hingga destinasi unik dan menarik.

Punthuk Setumbu: Tempat Wisata di Magelang Paling Asyik Buat Melihat Sunrise

#1. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit, dari atas bukit setinggi 400 meter dpl ini anda dapat menikmati indahnya candi borobudur di pagi hari.

Dengan ditemani udara yang sejuk, anda dapat memanjakan mata anda sejenak untuk memandangi sunrise dari punthuk setumbu yang mempesona.

Dahulu, tempat ini merupakan ladang penduduk…

…Namun singkat cerita, setelah seorang fotografer berhasil mengambil gambar mempesona sunrise di borobudur, orang-orang mulai tertarik untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dari tempat ini.

Jika anda tidak mau ketinggalan indahnya sunrise dari punthuk setumbu, sebaiknya pukul 05:00 WIB anda sudah ada di puncak bukit ini.

Sedangkan untuk dapat mencapai puncak bukit, anda harus melalui jalur pendakian selama 15 menit dari tempat parkir di kaki bukit. Itu artinya anda harus berangkat minimal 20 menit lebih awal sebelum jam 5 pagi.

Alamat: Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000 /Orang saja.

Lihat Juga: 5 Obyek Wisata Alam di Magelang Paling Indah

Stupa dari Candi Borobudur

#2. Candi Borobudur

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata di magelang paling bersejarah ini? Ya, Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan tempat dimana jutaan umat budha dari seluruh penjuru dunia berkumpul untuk merayakan hari raya waisak.

Di hari tersebut, borobudur akan dibanjiri umat budha maupun wisatawan…

…Seperti yang anda ketahui bahwa hari waisak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena pada hari tersebut banyak ritual unik yang akan dijalankan.

Salah satu yang paling ditunggu wisatawan ketika menerbangkan ribuan lampion yang akan menghiasi langit dengan cahaya kecilnya.

Selain menjadi tempat berkumpulnya umat budha dari seluruh dunia, borobudur juga dikenal sebagai monumen budha terbesar di dunia yang memiliki nilai sejarah tinggi dan telah diakui oleh dunia.

Disini anda akan di temani ribuan panel relief di sepanjang dinding candi yang akan menceritakan tiga tingkatan kehidupan budha (Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu).

Selain karena nilai sejarahnya, candi borobudur juga dilirik karena keindahan dan keunikan bangunan tersebut. Karena candi ini hanya dibangun dari bebatuan yang disusun sedemikian rupa.

Maka tak heran jika candi borobudur selalu dibanjiri wisatawan domestik maupun manca negara setiap harinya.

Alamat: Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk: Rp 30.000 (untuk dewasa) atau Rp 12.500 (untuk anak-anak).

Anda dapat berkunjung kesini kapan saja karena candi borobudur dibuka setiap harinya termasuk hari libur dengan jam operasional mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Gereja Ayam dari Udara

#3 = Gereja Ayam

Alasan paling sederhana mengapa bangunan ini di kenal dengan sebutan gereja ayam tentunya sudah bisa anda lihat…

…Hal ini karena bangunan tersebut memiliki bentuk menyerupai Ayam yang sedang duduk di tanah dengan mahkota di kepalanya.

Padahal sebenarnya, bangunan ini di rancang bukan untuk menyerupai sebuah ayam. Menurut pemilik bangunan ini yang bernama Daniel Alamsjah, tempat ini di bangun dengan bentuk sebuah burung merpati.

Namun, rupanya bangunan yang di bangun Daniel Alamsjah sebagai rumah do’a ini lebih menyerupai sebuah ayam. Sehingga tempat ini dikenal dengan sebutan Gereja Ayam.

Karena keunikannya, sekarang banyak wisatawan lokal maupun asing yang mulai melirik tempat ini untuk berkunjung kesini.

Alamat: Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Rumah Kamera

#4 = Rumah Kamera

Sekilas tentu anda sudah dapat menebak mengapa bangunan ini disebut sebagai rumah kamera, tentu sangat jelas karena rumah ini berbentuk sama persis seperti sebuah kamera dslr….

…Hanya saja dengan ukuran yang sangat besar. Nama pemilik rumah tersebut adalah bapak Tanggol Angien Jatikusumo, atau yang lebih akrab di panggil pak tanggol.

Beliau merupakan pelukis asal semarang yang telah lama tinggal di bali, lalu mengapa pak tanggol membuat sebuah rumah berbentuk kamera?

Baginya, kamera merupakan sebuah benda yang perlu dirawat dan disayang lalu beliau berfikiran untuk membangun sebuah rumah berbetuk kamera.

Karena keunikan dari rumah bapak tanggol yang berbentuk kamera dslr dengan ukuran besar ini, akhirnya tempat ini mulai menarik perhatian masyarakat.

Sekarang, tempat ini sudah dikenal banyak orang dan tak sedikit pengunjung berdatangan setiap harinya ke rumah kamera hanya untuk melihat bangunan tersebut secara langsung karena penasaran dengan keunikannya.

Didalamnya, anda akan menemui lukisan-lukisan yang mengesankan dari bapak tanggol. Atau bisa dibilang, rumah kamera merupakan sebuah galeri foto hasil lukisan bapak tanggol.

Setelah puas melihat foto-foto lukisan dari pak tanggol, Anda juga dapat menuju ke puncak bangunan atau lebih tepatnya di bangunan teratas berbentuk lensa kamera. Disana anda dapat melihat sekeliling desa dengan jelas.

Alamat: Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 per orang.

Ketep Pass

#5 = Ketep Pass

Tempat wisata di magelang yang satu ini merupakan obyek wisata alam kegunungapian khususnya gunung merapi yang bisa menjadi sarana edukasi, penelitian, maupun rekreasi yang bagus untuk anda.

Diatas lahan seluas 8.000 meter persegi ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat anda menfaatkan…

Yang pertama, ada gardu pandang berupa 2 buah gazebo yang dapat anda gunakan sebagai tempat untuk melihat gunung merbabu dan merapi juga lahan persawahan warga.

Kemudian ada juga vulkano theater, atau bisa disebut bioskop mini yang memutar film dokumenter aktifitas gunung merapi dari tahun ke tahun dan juga dokumentasi beberapa letusan gunung merapi terdasyat yang pernah terjadi.

Lalu ada juga volkano center, disini anda dapat belajar banyak tentang gunung. Ada miniatur gunung merapi, dokumen kegunungapian, hingga contoh bebatuan bukti letusan dari tahun ke tahun.

Jika anda ingin melihat gunung merapi lebih jelas, anda dapat menyewa sebuah teropong yang telah disediakan. Dengan teropong ini, anda dapat menikmati indahnya panorama di kaki gunung merapi dan gunung gunung lainnya.

Anda akan dikenakan biaya masuk Rp 7.500 per orang, sedangkan untuk dapat menonton film pendek di Volcano Theatre anda harus membayar Rp 7.000 per orang.

Alamat: desa Ketep, kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Taman Kyai Langgeng

#6 = Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng atau yang lebih dikenal dengan sebutan taman bunga oleh masyarakat magelang ini merupakan satu-satunya taman terbesar yang ada di magelang.

Taman dengan luas sekitar 27 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata di magelang yang paling sering dikunjungi sebagai sarana rekreasi bersama keluarga.

Namun, ketika anda pertama kali memasuki taman ini jangan heran jika anda serasa sedang ada di kebun binatang…

…pasalnya, di taman ini memang di pelihara beberapa hewan dan tanaman langka. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah, karena anda dapat mengajarkan anak-anak untuk lebih mengenal lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, disini anda dapat menikmati fasilitas lain seperti rumah joglo, becak air, rumah apung, arena bermain, komedi putar dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Cempaka no.6 Kota Magelang, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Candi Umbul

#7 = Candi Umbul

Candi Umbul merupakan sebuah obyek wisata alam berupa pemandian air panas yang di bangun sejak zaman wangsa syailendra.

Kata ‘Umbul’ di ambil dari bahasa jawa yang artinya naik, hal ini karena sumber air yang muncul selalu di sertai dengan adanya gelembung-gelembung yang muncul dari dasar kolam.

Kolam ini terbagi menjadi dua, yang pertama merupakan kolam berisi sumber mata air panas yang mengadung belerang. Sedangkan kolam di kedua yang berada di sampingnya merupakan kolam dengan air biasa.

Dizamannya, kolam ini merupakan kolam pemandian bagi putra-putri bangsawan. Namun, sekarang anda bisa merasakan rasanya menikmati pemandian air panas yang menyegarkan.

Alamat: desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pecinan Magelang

#8 = Pecinan Magelang

Jalan Pemuda atau yang lebih dikenal dengan nama Pecinan ini sering disebut-sebut sebagai Malioboro-nya kota Magelang.

Kawasan ini merupakan pusat perbelanjaan sekaligus bisnis yang ada di Kota Magelang, hal ini bisa anda lihat disepanjang jalan pemuda telah berdiri banyak toko-toko dan minimarket serta restoran.

Disebut pecinan atau kampung cina karena wilayah tersebut dihuni oleh mayoritas orang Tionghoa. Disini anda dapat mencari semua kebutuhan anda mulai dari alas kaki, pakaian, elektronik, kuliner, perhiasan, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Pemuda, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Alun-Alun Kota Magelang

#9 = Alun-alun Kota Magelang

Disinilah pusat kota magelang, biasanya alun-alun ini digunakan untuk bersantai di sore hari, tempat penyelenggaraan konser band atau untuk upacara hari besar kenegaraan.

Selain sebagai pusat kegiatan publik, uniknya alun-alun kota magelang juga dipandang sebagai simbol kerukunan beragama, yaitu dengan adanya beberapa sarana peribadatan untuk agama Islam, Katholik, Kristen dan Konhuchu di sekitar pusat kota tersebut.

Jika anda sedang berkunjung ke magelang, cobalah untuk berbaur dengan warga sekitar di alun-alun kota magelang.

Curug Silawe

#10 = Curug Silawe

Curug silawe merupakan salah satu air terjun dengan ketinggian 60 meter yang ada di magelang…

…disebut curug silawe karena seakan-akan seperti lawe (dalam bahasa jawa) yang artinya sarang laba-laba.

Di bagian bawah air terjun ini terdapat sebuah kolam kecil yang terbentuk akibat hempasan air dari curug silawe.

Di kolam tersebut anda dapat bermain air dengan aman karena memang disana tidak terlalu dalam.

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun dan bermain air disini anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 2.000.

Alamat: dusun kopeng kulon, desa sutopati, kecamatan kajoran, kabupaten magelang.

Air Terjun Sekar Langit

#11 = Air Terjun Sekar Langit

Sekar Langit merupakan air terjun dengan ketinggian 25 meter yang berada di lereng gunung telomoyo.

Alamat: desa telogorejo, kecamatan grabag, kabupaten magelang.

Gojokan Kedung Kayang

#12 = Grojogan Kedung Kayang

Grojogan Kedung Kayang merupakan air terjun setinggi 40 meter yang ada di lereng gunung merapi (hanya berjarak 3 KM dari ketep pass).

Alamat: desa wonolelo, kecamatan sawangan, kabupaten magelang.
Harga Tiket Masuk: tiket masuk 2.500 rupiah per orang.

Rafting di Sungai Progo Bawah

#13 = Rafting di Sungai Progo

Khusus bagi anda yang menyukai sebuah tantangan, anda dapat mencoba untuk menyusuri tempat wisata di magelang ini (sungai progo bawah)

Saat musim hujan tiba sungai progo bawah menawarkan petualangan arung jeram luar biasa bagi anda penggemar olahraga air arus deras…

…Sepanjang perjalanan anda akan dijamu dengan jeram-jeram grade V sampai V+.

Gunung Andong

#14 = Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai…

…Karena buntuknya yang unik, banyak orang penasaran dan ingin melihat secara langsung seperti apakah keindahan dari Gunung Andong.

Untuk dapat sampai ke puncak gunung tersebut, anda harus melakukan pendakian yang cukup lumayan karena gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.463 meter.

Sebenarnya, ada banyak gunung yang berada di sekeliling kota megalang namun saya rasa gunung andong ini menjadi salah satu yang paling unik dari gunung lainnya.

Lihat Juga:

Demikianlah beberapa tempat wisata di magelang paling unik dan menarik, Jangan lupa bagikan dan beritahu teman anda tentang tempat ini!