Ekowisata Mangrove Wonorejo, Hutan Bakau Yang Ada Di Surabaya

Kawasan Hutan bakau wonorejo

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo – merupakan kawasan wisata hutan bakau yang berada di pantai timur surabaya.

Pada hakikatnya, tanaman bakau berfungsi untuk melindungi daratan dari gelombang laut dan mengurangi abrasi atau pengikisan tanah oleh air laut.

Selain itu, hutan bakau juga berguna sebagai tempat tinggal sebagian binatang laut seperti ikan, udang, kerang, dan binatang lainnya.

Tentunya hutan mangrove tersebut memiliki peranan penting terhadap keseimbangan ekosistem terhadap kawasan yang ada di surabaya  ini. Lalu, munculah Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Apa Itu Ekowisata Mangrove Wonorejo?

Ekowisata mangrove wonorejo merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat wonorejo, surabaya.

Lembaga ini di bentuk bertujuan untuk dapat ikut serta memberi sumbangsih pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesadaran dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Hal ini didasari tergeraknya hati pengelola ekowiata mangrove untuk mengajak anak-anak muda usia sekolah dan masyarakat pada umumnya, untuk bersama-sama menyadari pentinganya keseimbangan ekosistem alam, dalam hal ini peduli akan hutan Mangrove.

Salah satu alasan yang mendasar mengapa mereka peduli terhadap hutan tersebut karena mangrove merupakan salah satu hutan yang tersisa di surabaya.

Semoga dengan dibentuknya lembaga swadaya masyarakat ekowisata ini akan membuka cara pandang baru masyarakat tentang mangrove dan keberadaan satwa di dalamnya dalam hubunganya dengan kehidupan manusia.

Dimana Lokasi Wisata Hutan Mangrove Wonorejo?

Hutan Mangrove ini Berada di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat peta berikut ini:

Wisata mangrove wonorejo hanya buka pada hari sabtu, minggu dan hari libur nasional saja dengan jam operasional pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan dipandu dengan adanya papan informasi yang memberikan penjelasan tentang burung yang hidup di sana dan lain-lain.

Ada 3 jenis kendaraan yang dapat Anda sewa untuk berkeliling di kawasan wisata hutan bakau.

Perahu – Dengan biaya Rp 25.000 untuk dewasa dan juga Rp 15.000 saja untuk anak-anak, Anda dan keluarga dapat berkeliling melihat indahnya keidupan satwa di sekitar hutan bakau menaiki perahu kecil.

Speed Boat – Anda juga dapat menyewa kendaraan ini dengan harga Rp 300.000 untuk 6 orang.

Kapal Pesiar “Jaya Samudra” – Yang terakhir, Anda dapat menaiki kapal ini dengan fasilitas kamar dan toilet.

Kapal-kapal ini akan menyusuri sungai sepanjang 5 kilometer menuju laut dengan kedalaman 5 meter, jika beruntung Anda dapat melihat satwa-satwa yang berada di pinggir sungai hutan bakau.

Setelah itu kapal akan berbalik arah setelah terlihat lautan lepas, dan berhenti di hutan bakau terdalam. Anda dapat menuju pos pantau dan gazebo untuk melihat alam ke arah laut.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tempat wisata hutan mangrove wonorejo yang berada di kota surabaya.

Jika Anda ingin belajar mengenai hutan mangrove lebih lanjut Anda dapat berkunjung ke surabaya.