Tata Cara Naik Pesawat Terbang bagi Pemula

Sebenarnya, bagaimana cara naik pesawat terbang yang benar menurut prosedur? Bagi anda yang baru pertama kalinya melakukan perjalanan melalui udara, ada baiknya jika anda membaca panduan ini.

Jangan sampai ada cerita kalau anda tertinggal pesawat dan harus membayar ekstra untuk penggantian jadwal. Maka dari itu, disini saya telah menyiapkan panduan lengkap cara naik pesawat terbang bagi pemula.

Bagaimana Cara Naik Pesawat Terbang?

Sebelum melakukan penerbangan, pastikan anda sudah membeli tiket pesawat. Jika belum, baca panduan kami: Cara Pesan Tiket Pesawat Online dengan Cepat & Mudah

Setelah anda memiliki tiket pesawat, artinya anda sudah siap melakukan penerbangan. Jadi, disini saya akan memberi gambaran singkat prosedur naik pesawat terlebih dahulu berdasarkan pengalaman saya:

  • Datang ke Bandara, Pemeriksaan Keamanan, Check-In, Boarding, Naik Pesawat.

Namun, tidak semudah itu karena ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk memperlancar pemeriksaan dan lainnya.

#1. Datang ke Bandara.

Baiklah tips yang pertama, sebaiknya datanglah ke bandara 2 jam sebelum jadwal keberangkatan karena anda masih harus melakukan serangkaian pemeriksaan keamanan yang mungkin bisa menyita waktu anda.

Selain itu, anda masih harus melakukan check-in untuk mendapat boarding pass yang nantinya akan anda gunakan untuk penerbangan anda.

#2. Pemeriksaan Keamanan

Sebelum memasuki check-in counter, anda akan melewati metal detektor. Sebenarnya, alat ini diciptakan untuk mendeteksi apakah ada barang berbahaya yang kebanyakan terbuat dari logam. Namun sayangnya tak hanya barang berbahaya yang terdeteksi metal ini.

Teman sayapun pernah sampai di periksa berulang kali oleh petugas karena sinyal tanda ditemukannya barang metal selalu berbunyi ketika teman saya melewati metal detektor.

Dan ternyata, penyebabnya hanya karena jaket yang di kenakannya terdapat beberapa aksesoris yang terbuat dari logam. Tentunya anda tidak ingin bernasib sama seperti teman saya yang tersita banyak waktu kan? maka dari itu ikuti tips kedua saya berikut ini.

Hindari atau Jangan pakai 4 benda ini saat melewati metal detektor:

  • Jaket
  • Ikat Pinggang
  • Perhiasan / aksesoris berbahan Logam
  • Ponsel

Untuk itu, sebaiknya siapkan tas kecil sebagai tempat khusus menyimpan ponsel dan barang berharga anda lainnya untuk melewati pemindai sinar-x bukan metal detektor.

#3. Check In

Selanjutnya, silahkan anda menuju check in counter sesuai dengan nama maskapai penerbangan anda.

Bagi yang belum tahu apa itu check-in: Check in merupakan prosedur resmi dimana pihak maskapai mencatat setiap penumpang yang datang ke dalam data manifes penerbangan.

Nantinya disini anda akan dimintai tiket pesawat dan juga KTP / paspor untuk diperiksa. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan baca panduan kami tentang: Bagaimana Cara Check In di Bandara dengan E-Tiket.

#4. Boarding

Setelah melakukan check-in, tentunya anda akan diberikan boarding pass sebagai tanda masuk ke dalam pesawat dan juga nomor tempat duduk. Silahkan perhatikan boarding pass yang kamu dapatkan saat check in tadi.

Di situ ada petunjuk ruang dan gate (gerbang) mana kamu harus menunggu pesawat. Perhatikan juga jam boarding dan juga jam terbang pesawat. Jika sudah, anda tinggal menunggu pesawat di boarding room yang telah ditentukan.

#5. Duduk Manis di Pesawat

Setelah pesawat sudah siap terbang sesuai jadwal, maka anda akan diminta untuk segera naik pesawat. Oh iya, jangan lupa matikan ponsel anda saat berada dalam pesawat karena dapat mengganggu penerbangan anda bahkan anda dapat didenda sangat mahal.

Demikianlah beberapa tips dan prosedur bagaimana cara naik pesawat terbang yang bernar dan aman. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin melakukan penerbangan pertama kalinya.