Wisata Embung Nglanggeran, Telaga Buatan Yang Ada di Gunung Kidul

Sunset di Embung Nglanggeran

Wisata Embung Nglanggeran – merupakan sebuah tempat wisata anyar berupa telaga yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Embung merupakan sebuah istilah yang sering digunakan oleh orang jawa untuk menyebut sebuah telaga buatan yang memiliki fungsi utama sebagai sarana pengairan.

Dulunya Embung Nglanggeran adalah sebuah gunung gandu, yang kemudian dipotong dan dikeruk untuk dijadikan telaga tadah hujan sebagai sumber pengairan lahan perkebunan buah yang ada di sekitarnya.

Embung yang dulunya adalah sebuah bukit yang di potong, tentunya membuat telaga ini berada di puncak bukit yang berada di desa Nglanggeran.

Pada 19 febuari 2013, lokasi ini diresmikan sebagai tempat wisata embung nglanggeran oleh Sultan Hangku Buwono X.

Sebuah hamparan beningnya air telaga yang ada di depan mata, berpadu  dengan hijaunya perbukitan sekaligus berada di atas  ketinggian 500 meter di atas permukaan air laut tentunya memberikan sensasi tersendiri.

Dimana Lokasi Wisata Embung Nglanggeran?

Terletak di  Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan peta berikut ini:

Harga Tiket Masuk Wisata Embung Nglanggeran

Biaya kontribusi untuk memasuki telaga ini sangat murah. Cukup membayar Rp 3.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati pesona alam yang ada disana.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke telaga yang ada di Gunung Kidul ini, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor supaya lebih cepat dan mudah dalam melewati jalur yang berada di gunung kidul.

Jalanan yang memacu adrenalin seperti melawati jalanan yang di apit oleh dua gunung akan Anda temui disini. Namun, tenang saja karena jalanan disini aman untuk dilewati.

Perlu diketahui bahwa momen saat matahari tenggelam di Embung Nglanggeran merupakan salah satu yang terbaik di yogyakarta.

Oleh karena itu, banyak wisatawan menanti waktu ini atau memilih waktu menjelang sore untuk menuju telaga di gunung kidul ini.

Sampai disana,pengunjung harus menaiki anak tangga untuk dapat naik dan menyaksikan pemandangan yang sungguh luarbiasa dari obyek wisata EmbungNglanggeran.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan, dan sampai jumpa di destinasi wisata selanjutnya.